Lapak Banyuwangi adalah situs jual-beli online barang baru & bekas dan pasang iklan baris GRATIS untuk warga Banyuwangi dalam mempromosikan usahanya.
Beranda » » Ada Dudi, Lulusan SMK Jatim Mudah Cari Kerja

Ada Dudi, Lulusan SMK Jatim Mudah Cari Kerja

Ditulis pada: 3 November 2017 | Kategori:

Kabar gembira bagi para lulusan SMK di Jatim, mereka bakal semakin mudah mendapatkan pekerjaan. Pasalnya ada Dudi. Ini bukan nama orang, melainkan program dari Dirjen Pembinaan SMK Kementerian Pendidikan berupa kemitraan antara Dunia Usaha dan Industri, disingkat Dudi.

Di Jatim sendiri, program Kemitraan Dudi ini dijalankan di Sidoarjo dan Banyuwangi. Untuk mempersiapkan program tersebut, para kepala sekolah SMK baik negeri dan swasta di beberapa wilayah di Jatim berkumpul di SMKN 1 Buduran, Kamis (2/11/2017).

program kemitraan Dudi bagi lulusan SMK Banyuwangi.

Perwakilan para kepala sekolah di Jatim mempersiapkan program kemitraan Didu.

Agustina, selaku Koordinator Program Kemitraan Dudi Sidoarjo, mengatakan program ini untuk optimalisasi penyerapan tenaga kerja lulusan SMK ke Dudi ketika para siswa lulus sekolah.

“Semacam kerjasama antara pihak SMK dengan pelaku usaha agar menggunakan tenaga kerja dari lulusan SMK sebagai pegawainya,” jelasnya, seperti dikutip dari laman Tribunnewscom.

Menurut Agustina yang juga Kasek SMKN 1 Buduran, wujud kerjasama itu berupa aplikasi komputer yang juga bisa diakses melalui smartphone, yang akan memudahkan pelaku usaha mencari tenaga kerja dari lulusan SMK.

Melalui aplikasi yang bernama Top Karir (TK) ini, para pelaku usaha akan dimudahkan dalam mencari kebutuhan pegawai sesuai kriteria yang diinginkan.

“Aplikasi ini mempertemukan siswa secara langsung dengan pelaku usaha. Semua kebutuhan pelaku usaha untuk mencari tenaga kerja ada di aplikasi ini,” sambungnya.

Cara kerja aplikasi Top Karir ini, nantinya para siswa diminta mengisi biodata dan keahlian yang dimiliki di aplikasi itu dengan disupervisi pihak sekolah. Sementara pelaku usaha tinggal mencari tenaga kerja berdasarkan kriteria yang diinginkan.

Jika dirasa cocok, perusahaan tinggal memilih siswa tersebut untuk wawancara langsung.

Menurut Agustina, hal ini memudahkan pelaku usaha mencari tenaga kerja ketimbang mereka menggelar lowongan kerja sendiri yang membutuhkan waktu dan biaya.

“Dari kami ada 52 SMK negeri maupun swasta yang akan masuk program ini. Untuk para pelaku usaha, sudah ada 73 perusahaan yang bergabung,” ungkapnya.

Program ini membawa implikasi penyesuaian kurikulum agar lulusan SMK bisa memenuhi kriteria kebutuhan tenaga kerja Dudi.

Agustina menyatakan mayoritas SMK banyak yang sudah melakukan kerjasama dengan perusahaan agar standardisasi keahlian siswa bisa masuk kriteria perusahaan.

“Di sekolah saya sendiri, 69 persen lulusannya sudah pasti terserap ke berbagai perusahaan, sementara sisanya ada yang melanjutkan kuliah dan memiliki usaha. Ini artinya kurikulum SMK, secara umum sudah memenuhi standar perusahaan,” jelasnya.

Adanya si Dudi yang merupakan program kemitraan antara dunia usaha dan dunia industri melalui aplikasi Top Karir ini, tentunya sangat bermanfaat bagi kedua pihak dan mengurangi jumlah pengangguran SMK yang belum mendapat pekerjaan sesuai keahlianya.

Ada Dudi, Lulusan SMK Jatim Mudah Cari Kerja | LAPAK BANYUWANGI – IKLAN BARIS GRATIS LARE OSING

Tags: Aplikasi pekerjaan, Pendidikan

Belum ada Komentar untuk Ada Dudi, Lulusan SMK Jatim Mudah Cari Kerja

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

r Info
Banyuwangi akan rekrut 750 PNS Baru

2018, Banyuwangi Akan Rekrut 750 PNS Baru Dengan Seleksi Ketat

P 19 Februari 2018 ,

Pemkab Banyuwangi tahun 2018 ini akan merekrut 750 pegawai negeri sipil (PNS) baru. Usulan pengadaan PNS ini telah diajukan kepada pemerintah pusat. Pengajuan ini mengakomodir kebutuhan tenaga di lingkungan pemkab Banyuwangi yang terus berkurang karena pensiun. Hal ini disampaikan Bupati... Selengkapnya)

Bandara Banyuwangi

Jadwal Penerbangan Ke Banyuwangi

P 17 Februari 2018 ,

Saat ini penerbangan langsung ke Bandara Banyuwangi yang berkode BWX dapat ditempuh melalui dua kota, yaitu Surabaya dan Jakarta. Setiap hari Maskapai penerbangan yang melayani rute ke Banyuwangi adalah Wings Air, Garuda Indonesia, NAM Air, dan Citilink. Berikut jadwal penerbangan... Selengkapnya)

SAKIP Banyuwangi

Akuntabilitas Kinerja Kabupaten Banyuwangi Terbaik Se Indonesia

P 1 Februari 2018 ,

Akuntabilitas kinerja Kabupaten Banyuwangi kembali meraih nilai A. Kemenpan-RB menetapkan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) Kabupaten Banyuwangi tahun 2017 sebagai yang terbaik dengan nilai A. Ini berarti Banyuwangi menjadi kabupaten pertama dan satu-satunya di Indonesia yang mendapat nilai A... Selengkapnya)

Dana Rakca

Leadership Award Untuk Bupati Banyuwangi Azwar Anas

P 20 Desember 2017 , Tak Berkategori

Lagi, Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas dianugerahi penghargaan. Kali ini berupa anugerah Leadership Award dari Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, yang diserahkan di Jakarta, Senin malam (18/12/2017). Leadership Award diberikan Kemendagri kepada kepala daerah berprestasi dengan tujuh indikator yang dinilai... Selengkapnya)

Penerima Beasiswa Banyuwangi Cerdas Bisa Masuk Universitas Brawijaya

P 20 Desember 2017 ,

Kabar gembira bagi calon mahasiswa penerima beasiswa Banyuwangi Cerdas. Kini mereka bisa masuk Universitas Brawijaya Malang. Hal ini terjadi dengan akan direalisasikannya kerjasama bidang pendidikan antara Universitas Brawijaya dengan Pemkab Banyuwangi. Bentuk kerja sama itu antara lain untuk penerimaan mahasiswa... Selengkapnya)